hero

Pelajari Kinerja Perusahaan, PDAM Tirtawening Kunjungi PDAM Surya Sembada

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya kembali menerima studi banding dari sesama PDAM. Kali ini PDAM Tirtawening Kota Bandung yang melakukan studi banding mengenai kinerja perusahaan dan juga struktur organisasi. Studi banding ini dilaksanakan Kamis (28/1) pagi dan bertempat diruang rapat direksi PDAM Surya Sembada.

Rombongan dari PDAM Tirtawening berjumlah tujuh orang yang terdiri dari: Siena dan Oky, dari Bagian Perekonomian Kota Bandung; Djumhana, Ketua Dewan Pengawas (Dewas); Lusi, Sekretaris Dewas; Tjetje Subrata, Anggota Dewas; Wawan D, Humas PDAM Tirtawening; serta Budi Eka, dari PDAM Tirtawening. Ketujuh rombongan PDAM Tirtawening ini disambut langsung oleh Samba Perwirajaya, Ketua Dewas PDAM Surya Sembada beserta jajaran Dewas, Direksi, dan Manajemen PDAM Surya Sembada. 

Mengawali sesi tanya jawab, Lusi menanyakan tentang budaya SMILE serta rekrutmen internal yang dilakukan di PDAM Surya Sembada. Dilanjutkan dengan pertayaan dari Djumhana yang menanyakan mengenai penurunan kehilagan air. Sementara itu Siena menanyakan tentang rekrutmen direksi PDAM Surya Sembada.

Sunarno, Pejabat sementara Direktur Utama, menerangkan bahwa budaya SMILE yang merupakan kepanjangan dari Satisfaction, Morale, Integrity, Leadership dan Enterpreneurship ini,benar-benar diterapkan oleh setiap pegawai PDAM. Sehingga berdampak pada kinerja perusahaan. Sementara itu penurunan kehilangan air dilakukan dengan cara memperbanyak penambahan District Meter Area (DMA), akurasi pembacaan meter, kalibrasi alat-alat di instalasi pengolahan air minum (IPAM). Serta dilakukan sweeping pada pelanggan yang terindikasi melakukan pencurian air. “kami menggandeng media massa dan kepolisian untuk mengungkap pencurian air,” tambah Pria yang juga menjabat Direktur Pelayanan ini.

Untuk rekrutmen direksi, Samba mengungkapkan dalam rekrutmen direksi dilakukan secara terbuka. Tahapan-tahapannya meliputi uji kompetensi, psikologi, rekam jejak, fit and proper secara terbuka.

Setelah sesi tanya jawab yang cukup interaktif, Djumhana mengakhiri sesi ini dengan mengucapkan terima kasih kepada PDAM Surya Sembada. “Penjelasan yang diberikan kepada kami, cukup jelas dan lengkap. Semoga setelah studi banding ini kami dapat meniru dan berkembang seperti PDAM Surya Sembada,” pungkas Djumhana. Studi banding ini diakhiri dengan ramah tamah dan pemberian cinderamata dari PDAM Surya Sembada kepada PDAM Tirtawening.

Ketua Dewas PDAM Surya Sembada memberikan cindermata ke PDAM Tirtawening