hero

Dokter Muda FK UNAIR Pelajari Pengolahan Air di IPAM PDAM Surabaya

Sekitar 56 mahasiswa dokter muda fakultas kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), Rabu (20/1) pagi mengunjungi Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karangpilang PDAM Surya Sembada kota Surabaya. Mereka diterima langsung di ruang CCP IPAM Karangpilang 2.

Agus Eko Setiyono, Supervisor Produksi Karangpilang 2, selaku salah satu pemberi materi yang menerangkan tentang proses pengolahan air. Sementara itu Agus Salim, Supervisor Laboratorium Karangpilang menjelaskan tentang proses pembubuhan bahan kimia yang di gunakan untuk mengolah air.
Setelah menerima penjelasan tentang proses pengolahan dan pembuhan bahan kimia, mahasiswa diarahkan melihat proses pengolahan air secara langsung yang dipandu oleh Didik Hardinanto, Supervisor Produksi Karangpilang 1.

Atika, Dosen ilmu Kesehatan Masyarakat UNAIR yang sekaligus dosen pembimbing kunjungan mengatakan, kunjungan ini rutin diadakan untuk membekali calon-calon dokter ini terjun ke masyarakat nantinya. “mereka kan juga harus tahu syarat-syarat kimia air bersih dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh air yang kurang layak,” imbuhnya.

Senada dengan Atika, Prafa Alif Rahman yang merupakan ketua kelompok mengungkapkan bahwa ilmu tentang pengolahan air merupakan ilmu baru baginya dan teman-temannya. “selain untuk bekal turun ke masyarakat,, kami juga bisa menjelaskan ke masyarakat tentang produk air yang di proses oleh PDAM telah memenuhi standart,” pungkasnya.