hero

PDAM Surya Sembada Targetkan Ganti 80 Ribu Meter Air

Sumber Berita : Humas

Baju Seragam Petugas Penggantian Meter

PDAM Surya Sembada Targetkan Ganti 80 Ribu Meter Air

Mulai awal Mei hingga Desember 2017, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada
Kota Surabaya, menjalankan program meterisasi. Meterisasi adalah program untuk mengganti
meter air pelanggan secara berkala dan bertahap tiap lima tahun sekali.

Dalam program meterisasi, petugas PDAM, datang ke rumah pelanggan untuk mengganti
meter air lama dengan meter air baru. Penggantian  meter dalam program meterisasi ini,
tidak termasuk  meninggikan, merendahkan atau memindah lokasi meter,
yang dilakukan oleh petugas hanya mengganti meter saja.

Manajer Sekretariat dan Humas, Ari Bimo Sakti menegaskan seluruh proses penggantian,
pembongkaran dan rekondisi jedingan atau kotak meter air (jika ada) tidak dipungut biaya
atau gratis. Lebih lanjut Bimo menjelaskan petugas yang mendatangi rumah pelanggan dilengkapi
dengan tanda pengenal, surat tugas dan seragam. “Jika ada yang memungut biaya atau
ada hal-hal yang mencurigakan segera laporkan ke saya melalui sms 08170056666
atau jalur-jalur akses pelayanan PDAM,” tambahnya.
Untuk wilayah meterisasi tahun 2017 ini meliputi A.Yani, Jemur Gayungan, Jetis Baru,
Jetis Kulon, Karangrejo, Ketintang, Pulo Tegalsari, Pulo Wonokromo, Wonokromo, Karah,
Kebonsari, Bendul Merisi, Bentul, Gadung, Gembili, Ubi, Tales, Jagir Sidomukti,
Jagir Wonokromo, Pulo Wonokromo Wetan, Jagir Sidoresmo, Sidoresmo, Sidosermo, Jemursari,
Kendangsari, Tenggilis, Perum Delta Permai, Jemursari, Prapen Indah, Rungkut Permai,
Rungkut Harapan, Banyu Urip, Simorukun, Pandegiling, Wonorejo, Kedung Klinter, Kedung Turi,
Simogunung, Giri Laya, Kembang Kuning, Pakis, Sukomanunggal, Lempung Sari, Manukan, Balongsari,
Bibis Tama dan sekitarnya.

Dalam pelaksanaannya, dimohon pelanggan membantu kelancaran proses meterisasi
dengan mengawasi prosesnya dan menandatangani berita acara tentang posisi angka meter
terakhir stand meter air yang lama pada form yang telah disediakan oleh petugas.
“Setelah diganti nanti, mohon pelanggan menjaga, memelihara dan mengamankan meter airnya,”
harap Bimo.

Program meterisasi atau penggantian meter ini merupakan salah satu
upaya yang dilakukan PDAM Surya Sembada meningkatkan keakurasian pembacaan meter
serta penghitungan pemakaian air Pelanggan. Disamping itu, untuk menekan
tingkat kehilangan air selain upaya seperti sweeping dan penindakan pencurian air.