hero

Kejar Layanan 100%, PDAM Surya Sembada pasang pipa jaringan gratis

Sumber Berita : Humas

Sesuai dengan target Millennium Development Goals (MDGs) serta rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang dikenal 100-0-100 yaitu 100% akses air minum, 0% kawasan kumuh dan 100% sanitasi layak. Dimana semua warga Indonesia   pada tahun 2019 harus mendapatkan akses air minum 100%, maka Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada terus mengejar target tersebut untuk memberikan akses air minum untuk seluruh warga Kota Surabaya.
 
Berbagai cara dilakukan oleh PDAM Surya Sembada yang saat ini memiliki cakupan layanan 96%. Salah satu yang dilakukan adalah pemasangan jaringan pipa tersier secara gratis di Wilayah Manukan Kulon. Dalam pemasangannya, ada beberapa kendala, salah satunya adalah jaringan pipa tersier tersebut nantinya akan mengenai beberapa rumah warga sehingga perlu dilakukan negosisasi dan sosialisasi langsung ke warga untuk menyelesaikan hal tersebut. 
 
Sosialisasi dan negosisasi masalah pemasangan jaringan pipa tersier digelar Kamis (8/6) malam, di Kantor kelurahan Manukan Kulon. Acara dihadiri oleh Plt. Manajer Senior Pelayanan Pelanggan, Sayid M. Iqbal bersama tim, Lurah Manukan Kulon dan perwakilan warga. Iqbal mengungkapkan bahwa Tim PDAM sudah mengidentifikasi semua rumah yang terdampak pemasangan pipa tersier dan diharapkan semua bangunan yang terdampak harus mundur satu meter untuk pemasangan jaringan pipa tersier. "Lahan satu meter nantinya tetap milik warga, namun jangan didirikan bangunan karena nanti kalau ada pipa bocor tidak menghalangi proses perbaikan," tambahnya
 
Seluruh warga yang hadir sangat mendukung dan mengapresiasi program yang dilakukan oleh PDAM Surya Sembada. Seperti yang diungkapkan Nurul Huda dari RT.02 Manukan Kulon, bahwa sebagai salah satu perwakilan warga mengungkapkan sangat berterima kasih atas kebijakan manajemen PDAM untuk pemasangan jaringan pipa tersier. "Walaupun tanah kami harus dipakai satu meter untuk pemasangan jaringan pipa tersier, kami sangat setuju karena manfaatnya nanti kami dan anak cucu bisa menikmati air PDAM," ungkapnya dihadapan peserta sosialisasi. Huda menambahkan bahwa selama ini warga Manukan Kulon tidak bisa mendapatkan akses air PDAM karena masalah belum terpasangnya pipa tersier, sehingga dengan adanya program ini warga sangat gembira dan antusias untuk segera direalisasikan. 
 
Perundingan yang terjadi berjalan cukup lancar karena seluruh perwakilan warga yang hadir sangat mendukung  dan menyambut baik program PDAM ini. Selain pemasangan jaringan pipa tersier secara gratis, langkah lain yang dilakukan PDAM Surya Sembada untuk mengejar target 100% layanan adalah program diskon pemasangan sambungan rumah sebesar 30% untuk rumah tangga dan sosial.