hero

PDAM Surya Sembada Persiapkan Diri Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Sumber Berita : Humas

PDAM SURYA SEMBADA PERSIAPKAN DIRI HADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Berbagi Inspirasi Pagi Bersama  Dwi Soetjipto, Mantan Direktur Utama Pertamina

Usai tak lagi menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto kini aktif di lingkup sosial dan pendidikan. "Saya sekarang aktif di sosial dan juga pendidikan. Saya sharing untuk menularkan ilmu dan menciptakan pemimpin perusahaan hebat kedepan. Pengalaman yang kita miliki wajib kita teruskan untuk masyarakat agar bermanfaat," katanya, Senin (30/10/2017) di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya pada kegiatan Sharing Inspiration yang dihadiri Dewan Pengawas, Direksi, Manajer Senior, dan Manajer PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Dwi mengatakan, banyak mengajar topik tentang strategi manajemen, kepemimpinan, sampai transformasi korporasi di berbagai perusahaan. Pria yang  meraih gelar Doktoral dari Universitas Indonesia ini membagikan ilmu dan pengalamannya pada acara Sharing Inspiration  bertema “Building Strategic Transformation, The Challenge of The Company Tranformation in Industrial Revolution 4.0”.

Dalam acara yang berdurasi 2 jam ini Dwi Soetjipto menceritakan tentang era Revolusi Industri 4.0 dari tahun 2000 sampai dengan 2017 dimana industri beralih menuju era Internet yang mana saat ini segalanya berbasis internet (Internet of things).

Revolusi Industri 4.0 diawali di tahun 2000 dengan adanya Google dan Yahoo sebagai mesin pencari di internet. Internet baru digunakan untuk searching, kemudian tahun 2004 internet digunakan untuk transaksi bisnis melalui amazon dan ebay. Kemudian di tahun 2008 internet digunakan untuk jejaring sosial (sosial network) melalui facebook, twitter dan instagram. Tahun 2011 dengan munculnya airBNB, uber, dan sebagainya internet berperan sebagai sharing economy.  Tahun 2014 era digitalisasi, teknologi yang dibutuhkan ke depan antara lain adalah Internet of things dan Big Data.

Dwi Soetjipto memaparkan mengenai tantangan dan peluang PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dalam menyikapi era Revolusi Industri 4.0. Tantangan PDAM Surya Sembada terkait era Revolusi Industri antara lain yaitu pelanggan PDAM Surabaya 85% adalah pelanggan bersubsidi; pertumbuhan pelanggan baru didominasi oleh MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah); pengelolaan air mandiri oleh perusahaan/industri mengakibatkan hilangnya potensi pemasukan dari pelanggan dengan margin besar; perilaku konsumen rumah tangga yang boros air; dan biaya produksi air untuk MBR yang jauh diatas harga jual.

Namun, PDAM Surabaya juga mempunyai peluang yang besar antara lain sebagai satu-satunya penyedia air minum yang mendapatkan hak pemanfaatkan air sungai di Surabaya; basis potensi pelanggan non subsidi yang masih besar, khususnya pelanggan industri; serta diversifikasi produk air minum atau air berstandar khusus sesuai kebutuhan pelanggan.
“Di era Revolusi Industri 4.0 Big Data maka perilaku pelanggan PDAM Surabaya adalah peluang untuk menciptakan inovasi untuk operational excellence atau inovasi produk baru terkait bisnis inti PDAM maupun non bisnis inti.” tutur Dwi Soetjipto.

Pria yang sukses membawa PT Semen Indonesia Tbk labanya melonjak 11 kali lipat dalam waktu 8-9 tahun, dari sebelumnya Rp 500 miliar menjadi Rp 5,5 triliun ini juga memaparkan pentingnya seorang leader / pemimpin memiliki visi. “Penting untuk mengetahui bedanya seorang manajer dan seorang leader, seorang manajer melakukan tugas-tugasnya sesuai ketentuan. Sedangkan seorang leader, selain melakukan tugas-tugasnya, dia harus mempunyai visi. Seorang leader harus berani merumuskan visi dan mempunyai mimpi serta menularkan visi tersebut ke anak buahnya.” tutur pria berusia 62 tahun ini.

“Dalam assesment di BUMN dan BUMD yang pernah saya pimpin, yang paling rendah skornya bagi para manajer adalah visionary leadership atau kepemimpinan yang bervisi. Saya setiap bicara visi di Pertamina selalu bicara 15 tahun kedepan. Kenapa kok 15 tahun kedepan. Karena saya harus menyiapkan sesuatu untuk pondasi jangka panjang. Saya harap rekan-rekan manajemen disini juga bisa menyiapkan visi kepemimpinan dalam PDAM untuk jangka panjang, bukan hanya untuk saat ini”, ungkap pria yang diangkat oleh Presiden Jokowi sebagai Direktur Pertamina pada November 2014 sampai masa jabatannya berakhir pada Februari 2017 ini.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Mujiaman, mengatakan Sharing Inspiration bersama Dwi Soetjipto ini diharapkan dapat memberikan inspirasi, meningkatkan motivasi, dan menumbuhkembangkan inovasi bagi jajaran Direksi, manajemen ataupun pegawai di lingkungan PDAM Surya Sembada dalam menghadapi perubahan, menangkap peluang usaha, dan mewujudkan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya berkelas dunia.