hero

PDAM Surya Sembada peringati Hari Jadi ke 41 dan Hari Pohon Sedunia dengan Tanam Pohon di Arboretum

Sumber Berita : Humas

Sebagai komitmen kuat dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam menjaga kelestarian air, ada banyak langkah yang dilakukan, diantaranya bekerja sama dengan Perusahaan  Umum Jasa Tirta (PJT) 1 untuk konservasi alam melalui penanaman pohon Arboretum Sumber Brantas yang berlokasi di Bumiaji, Batu, yang merupakan sumber mata air sungai surabaya yang menjadi bahan baku air PDAM. Penanaman pohon yang dilaksanakan Sabtu (18/11) pagi ini, dalam rangka memperingati hari jadi PDAM Surya Sembada ke 41 yang jatuh pada 24 November mendatang serta hari pohon sedunia yang jatuh pada 21 November. Acara ini diinisiasi oleh komunitas pendaki PDAM yang bernama PDAM Surya Sembada Hiking Community atau yang dikenal dengan PSHC.

"Penanaman pohon ini sekaligus bentuk kerjasama untuk meningkatkan sinergi yang baik antara PDAM dan Jasa Tirta" ujar Mujiaman, Direktur Utama PDAM Surya Sembada dalam sambutannya, sesaat setalah tiba di kantor PJT 1. Disamping itu untuk menjalin komunikasi yang baik kedua instansi, sehingga komunikasi yang terjalin tidak hanya surat menyurat saja. Sementara itu, Raymond Valerian Ruritan, Direktur Utama PJT 1 mengharapkan kegiatan semacam ini bisa lebih mengakrabkan kedua instansi. "Nanti bisa dilanjut dengan outing kedua komunitas yang sama dari PJT dan PDAM," imbuhnya.

Sementara itu, Manajer Sekretariat dan Humas, Ari Bimo Sakti menambahkan bahwa kegiatan ini adalah momentum untuk meningkatkan sinergi dalam memberikan pelayanan khususnya dibidang air kepada masyarakat. "Kedepan kegiatan-kegiatan dengan stakeholder yang berkaitan dengan pelayanan kepada pelanggan akan lebih sering kami lakukan," tuturnya.

Sebelum acara penanaman pohon, rombongan PDAM yang langsung dipimpin oleh Direktur Utama singgah dikantor PJT 1 dan melihat control room PJT 1 untuk mengetahui proses kerja PJT 1 dalam mengontrol air sungai yang ada dibeberapa wilayah, dimana salah satunya air Kali Surabaya yang digunakan oleh PDAM Surya Sembada sebagai air baku. Setelah itu rombongan PDAM beserta PJT 1 menuju  Arboretum Sumber Brantas untuk melakukan penanaman pohon diarea arboretum. Sekitar 100 pohon yang ditanam di aera Arboretum Sumber Brantas, jenis pohon tersebut diantaranya Kemiri, Sukun, Alpukat, Trembesi dan Sepatu Dea. "Semoga dengan penanaman pohon ini, sumber air yang menjadi bahan baku PDAM bisa memperbaiki kuantitas dan kualitas sumber air ini, " ungkap Adi Nurfi Kurniawan, Ketua PSHC. Ditambahkan Adi, bahwa dari tahun ke tahun kondisi sumber air secara kuantitas dan kualitas semakin menurun. Sehingga konservasi ini timbal baliknya nanti ke PDAM yang akan lebih mudah dalam mengelolah air untuk kebutuhan warga Kota Surabaya. (N: Rahmad Z. F: Humas PDAM Surya Sembada)