hero

Upaya Keras PDAM Surya Sembada terapkan K3, Berbuah Penghargaan

Sumber Berita : Humas

Prestasi membanggakan diukir PDAM Surya Sembada di awal tahun 2018 ini. Penghargaan tersebut didapat berkat prestasi PDAM untuk menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3), yang diserahkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri didampingi Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Grahadi (12/1).

Penghargaan yang diberikan dalam rangka bulan K3 nasional ini diberikan kepada 405 perusahaan yang sudah berhasil meraih zero accident serta 56 perusahaan yang sudah menerapkan SMK3 dengan baik.

Hanif mengatakan momentum peringatan bulan K3 ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3 di Indonesia. Semua pihak harus turun tangan untuk bekerja sama agar budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan lingkungan  masyarakat umum di seluruh tanah air. Senada dengan Hanif, Manajer Tata Usaha dan Humas PDAM Surya Sembada, Agus Subagyo mengungkapkan dengan diraihnya penghargaan K3 oleh PDAM ini bisa membuat semua elemen yang ada di PDAM sadar akan pentingnya K3 dalam melakukan pekerjaan sehari-hari di perusahaan.

"Kedepan kami akan terus menerapkan budaya K3 didalam perusahaan," tegas pria yang baru menjabat sebagai Manajer Tata Usaha dan Humas ini. PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menerapkan K3 dengan cara membentuk kelembagaan2 seperti P2K3, Tim Tanggap Darurat serta Auditor SMK3, memasang rambu-rambu K3 diseluruh area berbahaya, melakukan riksa uji peralatan-peralatan produksi, melakukan pengujian lingkungan, pemberian APD (alat pelindung diri) untuk pegawai dan tamu, melakukan pelatihan, sosialisasi dan simulasi, dsb.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini juga mendapat penghargaan sebagai pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) berkat komitmennya untuk selalu melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerja dilingkungan Pemerintah Kota Surabaya. (RZ)