hero

Manajer Humas PDAM Surya Sembada: Begini Cara Mengantisipasi Petugas PDAM Gadungan

Sumber Berita : Humas

Agus Subagyo, Manajer Humas PDAM Surya Sembada menghimbau kepada seluruh pelanggan dan masyarakat untuk selalu waspada terhadap setiap orang yang datang ke rumah dengan mengaku sebagai petugas PDAM. Pasalnya, Senin (9/4) lalu, Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya berhasil menangkap komplotan pelaku pencurian dengan modus menjadi petugas PDAM.
 
Menanggapi hal tersebut Agus menjelaskan cara membedakan petugas PDAM yang sebenarnya dengan petugas PDAM gadungan. Setiap petugas PDAM yang datang ke rumah pelanggan pasti memakai seragam yang ada nama dadanya serta membawa kartu identitas pegawai. Kecuali petugas kontrol meter, karena standar seragamnya memang tidak ada nama dada, namun, tetap dilengkapi kartu identitas pegawai. 
Selain itu, petugas juga membawa surat perintah pekerjaan (SPK) atau surat tugas. "Hal terpenting adalah pelanggan harus mengecek nomor pelanggan, nama serta alamat yang tertera dalam SPK tersebut, apakah sesuai atau tidak dengan rekening PDAM yang dimiliki, jika tidak sesuai pelanggan boleh menolak," tegas Agus. Khusus untuk pencatat meter tanpa SPK. Namun, sebagai alat bantu kerja mereka dibekali dengan smartphone untuk melihat dan mencatat angka meter serta mengambil gambar kondisi rumah pelanggan.
 
Jika tidak memenuhi kriteria itu, lanjut Agus, pelanggan boleh menolak petugas tersebut. Karena dikhawatirkan petugas tersebut adalah petugas gadungan. Dalam melakukan pekerjaan di rumah pelanggan, petugas PDAM tidak boleh memungut biaya jasa atas pekerjaan tersebut. "Kalau pekerjaan yang dilakukan ada biayanya, pembayaran tidak boleh dilakukan di lokasi pekerjaan. Karena semua transaksi keuangan hanya bisa dilakukan di kantor pusat PDAM," imbuhnya. Disamping itu, PDAM tidak pernah menjual aksesoris, seperti meter air, box meter dan sejenisnya.
 
PDAM Surya Sembada membuka kanal informasi resmi untuk memudahkan pelanggan berinteraksi apabila ada keraguan saat ada petugas yang datang ke rumah. Diantaranya: call center 08001926666 layanan 24 jam dan bebas pulsa; WhatsApp 08123316666; Facebook: PDAM Surya Sembada; Twitter: @PDAMSurabaya; Instagram: @pdamsuryasembada;  serta email: humas@pdam-sby.go.id. "Kanal-kanal ini diharapkan bisa memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan PDAM," pungkas Agus.