hero

PDAM Surya Sembada Tingkatkan Kontinuitas Pelayanan Pelanggan melalui Pemasangan Reservoir Cluster dan Pompa Booster

PRESS RELEASE

PDAM Surya Sembada Tingkatkan Kontinuitas Pelayanan Pelanggan melalui Pemasangan Reservoir Cluster dan Pompa Booster


PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dengan jumlah pelanggan 547.000 Sambungan Rumah dan Cakupan Pelayanan sebesar 95,30%,
merupakan jumlah pelanggan terbanyak dari PDAM seluruh Indonesia kategori kota Metropolis.
Dengan jumlah pelanggan yang besar tersebut PDAM Surya Sembada harus bekerja keras untuk melayani kebutuhan distribusi
air minum warga kota Surabaya yang jumlahnya kurang lebih 3 juta jiwa dari segi kontinuitas, kualitas, dan kuantitas.
Untuk melayani kebutuhan pelanggan tersebut PDAM Surya Sembada mengandalkan kapasitas produksi terpasang 10.830 liter/detik
dari enam IPAM (Instalasi Pengolahan Air Minum).

Dalam menjaga kehandalan kontinuitas aliran, PDAM Surya Sembada melakukan penataan sistem distribusi (pressure management).
Hal ini dilakukan mengingat topografi wilayah kota Surabaya yang relatif rata (flat) sehingga tekanan air
yang mengandalkan pompa distribusi dari IPAM kurang optimal dalam mendistribusikan air utamanya dari sisi kontinuitas
dan kuantitas.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain membuat reservoir distribusi kapasitas besar,
PDAM Surya Sembada juga membangun reservoir cluster yang menjangkau wilayah dan jumlah pelanggan tertentu
dengan kapasitas reservoir 5 s/d 15m³ dilengkapi dengan pompa booster untuk memaksimalkan tekanan distribusi air
di wilayah tersebut. Reservoir cluster ini khususnya ditujukan untuk menjangkau wilayah yang distribusi
tekanan airnya rendah, utamanya wilayah dengan kontur tanah yang tinggi
(contohnya di Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep) atau di wilayah yang jaraknya
sangat jauh dari IPAM (seperti di Dukuh Gendong Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo dan Wonosari
Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir).

Reservoir cluster juga dipasang guna percepatan proses normalisasi apabila sewaktu-waktu ada gangguan air.
Reservoir cluster ini ke depan akan dibuat sebanyak mungkin di wilayah-wilayah tertentu
karena cukup membantu kontinuitas aliran air ke pelanggan.

Perlu disampaikan bahwa pada hari Minggu tanggal 20 November 2016, P
LN akan melakukan pekerjaan Pemeliharaan SUTM 20 Kv pada pukul 09.00 s/d 16.00 WIB yang berdampak padamnya
tiga IPAM PDAM yaitu IPAM Karangpilang I, II, dan III. Pemadaman IPAM ini akan berdampak
pada pemadaman air di wilayah Surabaya Barat, Surabaya Selatan, Surabaya Timur, dan sebagian Surabaya Utara
(wilayah terdampak dapat dilihat di website PDAM: www.pdam-sby.go.id).

Selama pemadaman IPAM, PDAM menyiapkan 14 truk tangki air dengan kapasitas 4000-5000 liter untuk
melayani pelanggan di wilayah terdampak tanpa dipungut biaya. Satu truk tangki dapat melayani 5-7 rumah.
Apabila pelanggan memerlukan informasi lebih lanjut mengenai pemadaman dan pelayanan truk tangki PDAM,
dapat menghubungi Ari Bimo Sakti, Manajer Sekretariat dan Humas melalui 08170056666
dan Call Center PDAM (24 jam) 031-2926666.