hero

Kaleidoskop 2018: PDAM Surya Sembada Mencapai Titik Balik

Sumber Berita : Humas

1. Mendapatkan Penghargaan dalam penerapan SMK3

Mengawali tahun 2018 PDAM Surya Sembada berhasil mengukir prestasi yang membanggakan karena telah menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja, M. Hanif Dhakiri, Jumat (12/1) dalam rangka bulan K3 nasional dan  diberikan kepada 405 perusahaan yang sudah berhasil meraih zero accident serta 56 perusahaan yang sudah menerapkan SMK3 dengan baik.

 

2. Pembangunan Empat Reservoir

Selama tahun 2018 PDAM Surya Sembada berhasil membangun empat reservoir (tandon) air di Made Lakarsantri 250m3, Putat Gede (tahap 2) 5000m3, Ketegan, Pegirian 200m3. Reservoir ini nantinya berfungsi untuk menambah tekanan air di rumah pelanggan, sehingga air di rumah pelanggan bisa mengalir lebih lancar daripada sebelumnya.

 

3. Pelantikan Direktur Keuangan

Tepat tanggal 11 Oktober 2018, Tias Alvin Papatria resmi dilantik oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang diwakili oleh Khalid, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Pemerintah Kota Surabaya untuk menjabat sebagai Direktur Keuangan PDAM Surya Sembada selama empat tahun kedepan. Alvin memaparkan harapannya yaitu tata kelola keuangan di PDAM Surya Sembada menjadi lebih baik, akuntabel dan juga sehat. “langkah awal saya akan melihat cash flow, dan juga pengelolaan business development yang bagus kedepan,” ujar lulusan Magister Manajemen Universitas Persada Indonesia ini.

 

4. Pengembangan Zona Air Minum Prima

Tahun 2018 PDAM Surya Sembada mengembangkan zona air minum prima (ZAMP) yaitu kawasan yang nantinya air PDAM bisa langsung diminum dari keran tanpa dimasak terlebih dahulu. Kawasan yang menjadi percontohon awal yaitu Ngagel Tirto dan Dukuh Pakis.

 

5. Tuan Rumah sekaligus Juara Umum PORDA V PD PERPAMSI Jawa Timur

Pekan olahraga daerah (PORDA) kelima, persatuan perusahaan air minum seluruh Indonesia Jawa Timur (PERPAMSI JATIM), digelar 4-7 Oktober 2018 dengan tuan rumah PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Dalam PORDA ini, PDAM Surya Sembada berhasil menjadi juara umum setelah mengoleksi tujuh emas, tiga perak dan dua perunggu.

 

6. Peningkatan Kehandalan IPAM Karangpilang dan IPAM Ngagel 3

PDAM Surya Sembada terus meningkatkan kehandalan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) salah satunya menambah penyulang (pasokan listrik) di IPAM Karangpilang (15/12) dan IPAM Ngagel 3 (29/12). “Semoga dengan semakin handalnya kelistrikan IPAM Karangpilang dan Ngagel 3, proses produksi akan menjadi lebih stabil dan minim gangguan dari sisi kelistrikan,” harap Agus Subagyo Manajer Humas PDAM Surya Sembada.

 

7. Pertumbuhan perusahaan dua kali Pertumbuhan Nasional

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, karena telah berhasil meningkatkan kinerja perusahaan lima kali lebih cepat dari pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu lebih dari sepuluh persen. Angka pertumbuhan tersebut dua kali lebih besar dari pertumbuhan nasional atau CAGR (country average growth rate). “Tahun 2018 ini adalah titik balik PDAM Surya Sembada,” ujar Mujiaman, Direktur Utama PDAM Surya Sembada. Pertumbuhan ini, menurut Mujiaman, merupakan kerja keras seluruh lini perusahaan yang telah mengambil langkah yang tepat secara teknis organisasi.